Puruk Cahu

Puruk Cahu masuk di dalam Kabupaten Murung Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, yah kalau ngga salah termasuk daerah hulunya Sungai Barito.
Untuk transportasi darat bisa kita tempuh melalui Muara Teweh sekitar 3-4 jam. Jalan protocol cukup lumayan lebar bisa dilalui untuk dua jalur berlawanan arah, namun memang kondisi permukaan jalan kurang baik karena banyak aspal yang rusak, apalagi di musim hujan, banyak mobil yang terjebak dalam lubang. Jalan menuju Puruk Cahu saat ini juga hingga jembatan Bahitom (jembatan ini masih dalam pembangunan) dan diseberangkan dengan pontoon melintasi Sungai Barito ke Puruk Cahu.
Sedangkan untuk transportasi air juga bisa ditempuh dari Muara Teweh melintasi aliran Sungai Barito menuju bagian hulu. Alat transportasi air bisa menggunakan bus / taxi air atau speed boat. Lumayan indah juga perjalanan air ini, bahkan jika musim kemarau dan air sungai surut kita bisa melihat batu-batu besar yang menonjol dari dasar sungai. Sepanjang perjalanan juga bisa dijumpai para pendulang emas tradisional (ngato’ – bahasa dayak) dan yang sekarang lagi marak di Kalimantan Tengah stockpile dan port batubara.
Saat ini juga sudah ada penerbangan komersial dengan maskapai Pelita dari Balikpapan-Puruk Cahu. Namun Pemerintah Daerah memang belum mempunyai Lapangan Udara sendiri. Sementara ini masih menggunakan Lapangan Udara PT Indomoro Kencana.
Kemajuan perekonomian cukup baik, segala macam kebutuhan pokok pasti ada kecuali kebutuhan tambahan yang standard kota besar (yah ngga ada lah). Perjalanan yang jauh dari Muara Teweh ini juga yang menyebabkan harga di Puruk Cahu cukup tinggi. Harga BBM sebagai patokan kenaikan harga-harga lain, Puruk Cahu mungkin jadi salah satu pemecah rekor, pernah mencapai Rp 15.000 / liter di bulan Juni 2008.
Tempat penginapan kelas Melati dan mini market juga banyak bertebararan disini. Tapi untuk transportasi umum dalam kota Puruk Cahu sangat minim atau bahkan tidak ada sama sekali (jika ojeg tidak bisa disebut sebagai alat transportasi umum). Mungkin suatu saat nanti Pemerintah Daerah akan mengadakan alat transportasi umum untuk masyarakat.

2 Responses to “Puruk Cahu”

  1. pak FAdillah boleh tahu dong hrg jual perumahan pamulang elok berapaan ya , klo boleh tahu ada no developernya, terima kasih

  2. Mbak Ninie,
    Harga jual Pamulang Elok type 30/84 sekitar 90jt (cash)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: