Terapi Lilin Telinga

untitled.jpg

Sumber : Suara Pembaruan

Terapi lilin telinga (ear candle) berasal dari suku Indian, penduduk asli Amerika. Lilin telinga terbuat dari sarang tawon dengan linen kualitas tinggi. Lilin telinga ini berbeda dengan lilin yang dikenal sehari-hari, yang terbuat dari parafin. Panjang lilin telinga 30 sentimeter dan berongga. Sampai saat ini hanya tersedia dua ukuran rongga, yakni 5/8 inci yang digunakan untuk terapi orang dewasa dan ukuran rongga 1/2 inci untuk anak-anak. Bahan terapi ini diimpor dari Amerika Serikat. Bentuknya meruncing dan diberikan tatakan bulat yang terbuat dari karton yang dilapisi alumunium foil, saat lilin itu dibakar.

Terapi dengan menggunakan lilin ini sangat bermanfaat bagi kesehatan, khususnya pendengaran, dan bisa juga menyembuhkan sejumlah penyakit. Dari sekitar 5.600 pasien yang datang sejak pertengahan 2004 sampai saat ini, diketahui terapi telinga bisa menyembuhkan penderita tuli, sekaligus mempertajam pendengaran, vertigo (sakit kepala yang berputar-putar), migrain (sakit kepala sebelah), mengatasi infeksi telinga tengah (otitis media), penyakit telinga berupa nanah kuning kental berbau busuk (congek), tinitus (telinga yang berdengung), sinusitis (infeksi di rongga hidung), serta insomnia (penyakit sulit tidur).

Sebelum diterapi, telinga pasien diperiksa dengan alat bernama otoskop. Dengan alat ini bisa diketahui apakah di gendang telinga sudah menempel jamur, ada bisul atau radang, atau ada kotoran yang mengeras. Kalau di gendang telinga hanya ada jamur, bisul, atau radang, pasien bisa langsung diterapi.

Tetapi kalau ada kotoran yang keras, ditetesi obat untuk melunakkannya, lalu diangkat, kemudian baru diterapi. Saat diterapi, pasien tidur dalam posisi miring-tegak lurus. Lalu, bagian lilin yang runcing (bagian ujung) dimasukkan ke lubang telinga dan bagian pangkalnya dibakar.

Setiap lima menit, lilin yang sudah terbakar digunting, kemudian dibuang di baskom kecil berisi air. Selama terapi ada petugas yang memegang lilin tersebut. Setelah terapi berlangsung 15 menit, lilin yang masih menyala dengan sisa sekitar 5-7 sentimeter diangkat dari telinga, lalu digunting tepat di bawah api.

Sisa lilin yang tidak terbakar dimasukkan ke dalam kantong plastik dan diberi kode untuk mengetahui lilin itu digunakan untuk terapi telinga kiri atau telinga kanan. Saat lilin dibakar timbul panas.

Panas itu membuat tekanan udara di pangkal lilin menjadi rendah. Asap dari pembakaran lilin masuk ke seluruh ruang telinga. Dalam waktu tertentu (sekitar 7-10 menit) asap di dalam rongga telinga menjadi jenuh, kemudian terdesak keluar sambil membawa partikel-partikel (kotoran telinga/wax) yang berada di rumah siput (tymphani), serta jamur yang menutup gendang telinga. Dalam beberapa kasus, asap itu bahkan membawa bakteri dan jamur.

Partikel-partikel itu kemudian terkumpul di sisa lilin yang tidak terbakar. Sisa lilin itu kemudian dibelah untuk mengetahui kotoran yang dikeluarkan dari telinga. Wax itu bisa tersedot secara osmosis karena ada perbedaan tekanan di rongga telinga dan di luar telinga. Wax yang disedot berwarna cokelat.

Selain itu, ada juga serbuk berwarna putih kekuning-kuningan. Sebanyak 20 persen serbuk itu berasal dari lilin, sisanya adalah jamur yang ada di atas gendang telinga.

Untuk terapi satu telinga, digunakan minimal dua lilin dan maksimal tiga lilin. Lilin-lilin itu dibakar secara terus-menerus, tanpa jedah. Setelah diterapi, sisa lilin yang menempel di dinding telinga dibersihkan, kemudian rongga telinga dioles dengan antibiotik. Mengenai harga, kata Susana, sekali terapi dengan 4 lilin telinga mencapai Rp 270.000 dan 6 lilin telinga Rp 405.000. Harga tersebut belum termasuk obat-obatan.

Kalau anda ingin mencobanya bisa datang ke :
Lokasi praktik Ear Candle Center di Kompleks Taman Harapan Indah, Jakarta Barat.

17 Responses to “Terapi Lilin Telinga”

  1. saya mo tanya ne..
    mengenai terapi lilin telingan
    kalo’ telingan berdengung udah bertahun2
    bisa sembuh ga?

  2. saya mo tanya ne..
    mengenai terapi lilin telinga
    kalo’ telinga berdengung udah bertahun2
    bisa sembuh ga?
    awalnya tenggorokan sakit trus bengkak di bawah kuping.
    bengkak dan sakitnya cuma seminggu.
    tapi kuping saya berdengung sampe sekarang
    itu terjadi semenjak saya berusia 9 tahun sampe sekarang usia saya 17 tahun.

  3. imam basori Says:

    Kalo semisal saya pesen lilin itu lwt pos bisa engga, soalnya saya tinggal di kediri jatim. klo untuk ke jkt,tentu butuh biaya lagi kan…. mohon dibalas ya

  4. Rani Mujanti Says:

    sy mau tanya waktu kecil telingaku selalu congek
    krn aku selalu sering mengoreknya hingga kini telingaku jadi rada tuli. dimana apakah setelah disembuhkan dengan ter lilin bisa berhasil jadi normal kembali. trima kasih.

  5. Dwie, Imam basori, Rani mujanti, Thanks dah mampir.

    Dwie, terapi lilin menurut hemat saya adalah pengobatan alternative, ada baiknya konsultasi dengan dokter spesialis THT terlebih dahulu

    Imam B, Kemungkinan karena terapi ini dilakukan di kliniknya, hasil akan lebih optimal jika dilakukan di tempat prakteknya.

    Rani, menurut informasi dari tempat praktek tersebut gejala yang di derita kamu bisa disembuhkan

    Salam
    Afadillah

  6. saya mau tanya…kalau pesan lilinnya lewat pos bisa g?soalnya saya tinggal disidoarjo dan untuk ke jakarta tidak punya cukup uang.kenapa ear candle tidak buka kantor cabang di surabaya?tolong dibalas ya tidak pakai lama…..
    trims

  7. lilin untuk terapi bisa didapatkan dan dibeliadimana?

  8. bisa ga saya minta alamat kliniknya secara lengkap? mungkin lebih jelasnya komplek taman harapan indah itu dekat dengan daerah apa? trus praktinya hari apa dan jam berapa? mohon dibalas..

  9. mau tanya dong….cabangx di makassar ada ngga? kebetulankan kita di Makassar, terus mau dong informasi lokasinya, thanksyaaaa

  10. mau tanya terapi yang diyogja alamatnya dimana yaaa

  11. untuk mendapat lilin tersebut dimana agennya?trus menjadi cara menjadi agen gimana?

  12. mau tanya, terapi ini cocok untuk semua usia, walaupun tidak ada penyakit yg serius apa bisa melakukan terapi ini? lokasinya ada di komplek ruko, alamat detailnya? terima kasih

  13. salam kenal,
    saya minta alamat lengkap dan nomor teleponnya bisa ga?
    bisa dibalas lewat email saya langsung

    -terimakasih-

  14. kl ada yg berminat beli lilin telinga ( ears candle ) … saya ada stok … 1pasang /2batang lilin @40rb

    berminat hub :081392935681

  15. kmrn ku beli lilin tu cuman 8000 perak..lumayan..langsung plong nech telinga,serasa bisa denger orang bisik2 hihihihii

  16. pardede Says:

    ini no tlp agen pemasaran ear candle: 085283168169.

  17. Cakra Borneo Says:

    Selamat siang,
    perkenalkan kami adalah supplier ear candle.
    Bagi Bapak/Ibu yang berminat untuk tahu lebih banyak tentang ear candle, silakan hubungi kami.

    CakraBorneoAromaterapi@gmail.com
    Terimakasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: