Tg Balai Karimun

p8130011.jpgSebuah Pulau kecil di Kepulauan Riau. Tanjung Balai Karimun juga merupakan ibu kota Kabupaten Karimun. Dengan luas daratan 275 Km2 tepatnya terletak di Selat Malaka atau sebelah barat Pulau Batam.

Tahun 1997 populasi Tg Balai Karimun sejumlah 155,000 penduduk, terdiri dari etnis Melayu dan China. Pulau ini banyak menarik turis regional dan internasional baik mereka yang datang untuk berbisnis dan liburan. Tidak bisa dipungkiri bahwa Tg Balai Karimun juga mempunyai daya tarik sebagai penyedia wanita penghibur. Tidak jarang wisatawan dari mancanegara datang hanya mencari kepuasan yang satu ini.

Obyek wisata paling banyak adalah rekreasi bahari. Pantai-pantai di pulau ini hampir semuanya terdiri dari pasir putih, beberapa pantai yang terkenal adalah pantai Pelawan, Pongkar dan Limau. Tetapi ada juga obyek wisata Air terjun pongkar yang teduh.

Alat transportasi khas di pulau ini adalah bus kayu walaupun sudah banyak angkutan umum minibus, Bus kayu ini masih tetap ada dan merupakan daya tarik tersendiri di pulau ini.

50 Responses to “Tg Balai Karimun”

  1. hehe…akhirnya nemuin bloggers dari pulau karimun.

    oh iyah, saya setuju dengan reportasenya mengenai pulau karimun. dari segi keindahan udah ok. tapi masih harus di tingkatkan dari segi sumber daya manusia ( hasil analisa sementara ) .

    terutama yang mempunyai skill di bidang informatika. saya rasakan sangat kurang sekali. dan juga sarana penunjang ( masih inget mo cari referensi buku yang bagus..selain di toko salemba ) susahnya minta ampun. terpaksa cari di internet E-books yang free.

    by the way. sapa nih boleh dong kenalan ,
    thanks yah atas kunjungan di blog saya
    http://iwany.wordpress.com

  2. Bang Iwan,

    Thank’s kunjungannya,
    Seharusnya Tg Balai Karimun dah banyak SDM terdidiknya, kenapa begitu…???🙂
    tidak sedikit perusahaan besar yang ada di Tg Balai Karimun, ada Sembawang Ship yard, Perusahaan Granit (Karimun Granit yg terbesar….walau masih kasus lahan)
    Itu yang ada di pulau ini sendiri, tapi yang merantau….boleh dijajal mungkin ?
    Cuma yang ngga bikin tahan di Tg Balai Karimun….kebiasaan nongkrong di kedai yang kadang menghambat kreatifitas SDMnya, belum lagi Jackpot dan kebiasaan buruk / bagus🙂 di villa etc ?

  3. ya itulah karimun,

    btw

    “Proud To Be Bujang and Dara Kepulauan Riau”

  4. Bang Gianto,
    Thank’s dah mampir yah….

    eventhough i wasn’t born at Riau Archi my soul more Riaunes he he he

  5. tri partini Says:

    senang sekali dpt menikmati keindahan Karimun khususnya obyek wisata baharinya,tapi penataan dan pengelolaan kawasan wisata perlu ditingkatkan!!!!!!jadikan Karimun sbg daerah wisata bahari dan tetap bernuansakan religi

  6. Kita yakin karimun akan maju dengan tetap bertumpu pada budaya dan falsafah melayu yang tinggi, SDM sangat penting sekali untuk mensinergikan budaya dan teknologi dalam menghadapi peluang masa depan

  7. beri info lowongan………………..di TBK slalu yah

  8. Karimun udah mulai buka perusahaan asing tapi te naga intinya kok dari luar semua, seperti saipem, padahal potensi SDM putra daerah nggak ketinggalan

  9. masa sich karimun punya pesona bahari yang mempesona……………, jadi pengen ke sana
    makasih temen temen atas informasinya

  10. I'm tika Says:

    Penilaian saya tentang karimun,
    disayangkan masih banyak lahan kosong yang belum dimanfaatkan secara baik. Padahal dengan dekatnya tanjung balai karimun dengan Negara tetangga seperti Singapur dan Malaysia dapat menarik investor untuk menanamkan modalnya di karimun ini, sehingga dapat membuka lapangan pekerjaan bagi mastarakat kita.

  11. sedikit mau ikutan koment ttg karimun, dulu tahun 1977 – 1981 gue pernah tinggal disana , Tj balai karimun (TBK) termasuk pulau terluar Indonesia dan yang paling ramai, seingat saya lebih ramai TBK dari pada Batam karena ada pangkalan AL dan Kanwil II Bea Cukai. baru sebulan yang lalu gue berkunjung kembali ke riau karena pengen napak tilas. ada beberapa hal yang bagus yaitu alamnya lebih tertata apik dibanding dulu 20 thn yg lalu karena dulu TBK rusak alamnya oleh eksplorasi PN timah, sekarang PN timah bubar dan bekas2 galian menjadi danau biru bening yang indah, jalan2 semua sudah mulus teraspal. aroma pasar yang khas antara campuran bau hio dan masakan china bener2 bikin gue langsung inget 28 tahun yang lalu. Mungkin bagi orang-orang yang baru ke TBK tidak akan se Amaze kesan gue ……ini pulau jadi indah dan bersih ….udaranya segar khas laut ….cuman disayangkan beberapa ikon penting pulau TBK banyak yang hilang…… sekolah gue di ST yusup udah nga dipakai lagi , beberapa bangunan pecinan kuno udah diganti jadi Ruko2 bewarna genit. Kata orang banyak prostitusi….kok kesan gue nga tuh….emang ada beberapa gelintir ce-ce dengan pakaian sexy mencolok keluar masuk hotel…..tapi nga banyak tuh…. o iya satu lagi kopi susunya top banget…..begitu datang gue udah ngabisin 4 cangkir…..yg ada malam nga bisa tidur krn kebanyakan ngopi……gue stay disana 2 malam 3 hari, sebenernya cukup 4 jam menjelajah TBK dengan angkot, itu udah keliling ke air terjun dan beberapa pantai indah berpasir putih juga beberapa kelenteng bersejarah…..sayang hutan2 karet yang dulu tempat saya bermain sudah nga ada dan beralih fungsi jadi lahan perumahan…..
    kalau mau lihat rumah2 gaya art deco seperti didaerah dago …naik aja ke teluk air…disana ada komplek Bea cukai tempat gue dulu main semasa kecil diatas tebing dengan pemandanga laut lepas ke arah singapore dengan gaya2 rumah art deco……. begitu banyak hal menarik…I shall return

  12. Karimun memiliki seorang duta pendidikan ingkat SD yang telah berhasil menjadi juara ke 3 pada olimpiade sains 2008 dimakasar tgl 14 AGustus kemaren

  13. tanjung balai, gue baru aja kesana 1 minggu yg lalu. keadaanya cukup menarik. dari segi tata kota cukup bagus. denger-denger kota ini masih dalam taraf penjajakan perusahan-perusahaan dan masih tahap pembangunan. kota ini rencananya mo di jadikan seperti batam juga. tapi sayang, sumber energinya masih terbatas.
    pemadaman listrik bergilir masih sering terjadi di karimun. dan rumah-rumah pun banyak yg punya generator/genset sendiri untuk menghindari kekurangan listrik. buat pemko karimun, atasin dong kekurangan energi listrik dengan segera. dan percepat pembangunan pelabuhan yg baru (yg lama di kec.karimun) klo yg baru klo ga salah di kec.meral ya..??

  14. Budak_BalaiSEJATI Says:

    Perkenalkan … saye budak balai asli, lahir dan besar dibalai, sekolah sampai SMP tros lanjut di tg pinang. Alumni ITB. Sekarang kerje di perusahaan minyak terbesar diindonesia sebagai expert engineer.
    Ade juge teman kami, budak meral die juge alumni ITB dan sekarang sebagai expert engineer di IBM spore.
    Walaupun kami budak pulau … tapi kami tak kalah. (aku dan temanku itu alumni Santu Yusuf).

    • aku th.1975 -1978 pernah tinggal di sini & sekolah di SMP.St.Yosep & gak lulus terus kerja di Kapal Jala Express & pindah di Kapal OSAKA Tg.Balai Karimun mudah-2 masih ada teman budak-2 yg. masih kenal aku saat ini aku di Malang Jawa Timur… Wassallam…!!!

    • Hallo…TBK..? aku BOGIE yang pernah tinggal di MERAL ikut kakaku yg.di BEA & CUKAI (Alm.Siswanto S.) & yg.pernah tinggal di TBK (Tanjung Balai Karimun) di wisma TNI AL. dulu aku ikut Pak Dieng ( May.Laut M.Dieng) bapaknya Alief, & aku SMP Santu Yusup (1975 ) aku ingat temenku ada yg.namanya Nunuk yg.anak Pak Camat & Evy anak bu Bidan & Sahrudin anak Polisi & Endang anak P.Bambang (Imigrasi) & aku jg.pernah kerja di Kapal Verry JALA EXPRES II & KM.OSAKA & aku juga pernah tinggal dirumah P.Abdurahman saleh (Got..nama panggilan) dan ada juga yg.namanya Rika.. & Sahril yg.pinter main sepak Takrow tu..haaa…! tolong ya..kalu temen-2 ada yang masih ingat call.aku Bogie (0341) 802419 & aku tinggal di Malang Jawa Timur & masih Kerja di Pabrik Gula (PG.Kebon Agung) – Malang…. Thanks …!!!

      • syarifudin Says:

        santu yusuf thn 1975 ya, saya jg tinggal d teluk air. tp alumni 1983. berarti awak kakak kelas lah, tapi daerah tempat km tinggal saya ingat

  15. Dear all,

    sorry to use this blogger, but i need your help. our company search for Safety officer and mechanic will fill in our site at Karimun. each position is one candidate. if some of you have referens for that position. please meet mr. robby at Paragon Hotel tomorrow morning at 07.00 or you can call my phone 08121346502 make sure interview.

    for your attention and kindness i would say thank you,

    Regards, Christianda HRD Department PT.Rhodes

    • My name is Eddie, I have been working in Singapore as Human Resourses Manager. If you need Safety Officer and Mechanic, you could to call me.Hp. +6281372919479.

      Best Regards,

      Edi Nurdiman S.Si
      HRD Dika Shipping Pte Ltd,
      Singapore.

  16. dear all..

    akhirnya saya nemu juga web aktif yg berkaitan dengan karimun
    numpang mampir dikit boleh kan..

    mengenai karimun..
    sy pernah di karimun selama satu bulan tuk project pemda kab karimun
    dan sering bolak balik kesana dan terakhir tahun 2007…
    banyak hal yg menarik di tanjung balai karimun, dari mulai bahasa (walaupun melayu tapi melayunya beda dgn pulau2 lain yg ada di Kepri) hingga makanan (kuliner) seafoodnya mak nyuss (bondan biasa berkata) semua tempat makan saya sambangi dari mulai pinang sebatang yg letaknya dekat pelabuhan, do e mi, long beach hingga meral terus di pn daerah tebing, teluk air dan teluk uma (di sore hari menjelang buka puasa banyak jajanan tradisional) rm kuring dekat ozone, rm ali emas, dan ta lupa nongkrong di akau di pasar malam belakang hotel rama shinta (otak-otaknya enak)….

    ada pengalaman mengenai bahasa (saya ngobrol dengan orang dari pulau moro) beliau kurang begitu faham bahasa indonesia baku dan beliau berkata dengan logat melayu yg cepat dan sulit saya fahami juga

    saya amati kotanya cuma sepi antara jam 3 – 6.30 pagi
    kota mulai meggeliat dimulai jam 7 pagi manakala kedai-kedai buka dan toko-toko di semua jalan yg ada disana mulai buka dan terasa ramai lagi begitu masuk di senja hari hingga dini hari…

    tempat hiburan malam hanya pub, karaoke dan satu diskotek di belakang pasar puakang

    yg unik di sana pada malam hari orang main mahjong di tempat terbuka yg terletak di jalan trikora

    yg jelas orang-orang disana sangat ramah karena mungkin terbiasa dengan banyaknya orang yg sengaja berkunjung ataupun transit yg menuju malaysia dan singapore dan sebaliknya.. pengalaman pertama kali datang ke sana saya di tawari bapak-bapak untuk ngurus surat-surat tuk bisa nyebrang ke singapore dan malaysia (mungkin dikiranya saya TKI)…

    sampai saat ini pun saya masih memantau perkembangan di karimun..
    dan yg sangat terakhir sekali yaitu dibukanya PT. Saipem yg merupakan perusahaan dari italia untuk membuka galangan kapal yg menggunakan lahan yg sanagat luas di daerah tanjung pengarau dekat objek wisata pantai pelalawan…

    banyak kenangan di sana diantaranya sy bisa berbahasa melayu belajar dari orang pulau kundur, soup ikan yg khas (beda dg soup ikan di manado/sulawesi utara) pagi-pagi rutin ikut senam tai chi di depan rumah dinas bupati (yth. bpk. nurdin basirun), ikut membahas tentang permasalahan pulau sebaik, kasus STS dan tak lupa soya dan kacang kuda..

    mudah-mudahan awal tahun depan sy berkunjung lagi ke karimun
    tuk yg punya blog ini bisa kasih info terbaru mengenai karimun melalui email saya

    terimakasih telah di beri ruang tuk ngalor-ngidul di forum ini
    yg jelas saya terkesan dgn karimun…

    regards, Robert_K; e-mail: pinus_11a@yahoo.com

  17. tolong beri info lowongan di TBK donk, soalnya gw baru atu minggu disini, jadi gk tau apa-apa, tkx ya kalau mau bantu kirim email aja, TBK is beautiful in passion moment, i love TBK dah ya, karena tempatnya damai, gak ada demo kayak di jakarta, dan gak ada bom kayak di bali, selama ini gw mondar mandir di dua tempat itu selama lima tahun jadi cari suasana yang baru dulu di TBK, tkx alot…

  18. d.i.l.u.v.n.e.s Says:

    aquwh org karimun ne..
    skul dsni,,tinggl dsni..emnk se,plau kcil,,tp aquwh ttp cnta ama karimun..skrg aquwh skul d SMAN 1 KARIMUN..SMA tertua d karimun..skrg krimun ud byk perkembangan..cuma syg na, d sni tuh g ad MALL,,

  19. kenapa kita selaku putra daerah, tidak pernah diberi kesempatan untuk membangun negri ini,, sebagai contoh PT.Saipem telah membuka lowongan pekerjaan,tetapi al hasil “NIHIL”,,,TANPA balasan seolah hanya sebagai fenomena…

  20. marudut_granit Says:

    Karimun….
    Aku memang tak lahir di karimun.Tapi aku tumbuh disini.Tak banyak yang bisa aku harapkan dengan daerah ku ini semenjak PT. Karimun Granit tempat aku bekerja terbelit masalah.Entahlah………..
    Mungkin kah Saipem akan benar – benar jadi primadona yang mampu mendongkrak ekonomi masyarakat.
    Entahlah……………

  21. Abdul Kahar Says:

    Saya merupakan tourist dari Johor Baru, Malaysia

    Saya selalu ke TBK untuk membeli baju di Toko Hawaii/Pak Jonni. saya cadangkan pihak berkuasa di TBK mengawal ratusan agen-agen ojek dan teksi di pelabuhan. Sebenarnya rakyat Malaysia suka datang ke Indonesia tapi kami sangat tidak senang dikejar agen-agen ini. satu lagi untuk toko-toko di TBK letakkanlah tanda harga untuk barang jualan anda seperti di Malaysia…untuk memudahkan jual-beli.

    Terima Kasih

  22. Yapz.. Aq adlh slh 1 putra daerah karimun. Lahir, tinggal, dan sekolah di karimun. Aq alumni sma N 4 (binaan) karimun. Tp skrg aq sedang menempuh kuliah sarjana ku di salah satu perguruan tinggi di kota solo, kota yg cukup ku banggakan karena kebudayaan dan keasriannya. Aq cm ingin memberi satu masukan,khususnya bwt pemda karimun. Mengapa di karimun blm jg di bangun sebuah universitas (klw bs yg negeri). Setiap murid yg lu2s SMA psti hrs ke luar dr karimun untuk meneruskan studinya ke perguruan tinggi. Padahal saya melihat siswa2 dr karimun jg ga kalah pinternya dr siswa luar karimun (termasuk saya,hehe..) Gimana kt akan mempunyai SDM yg b’kualitas jika tdk ada fasilitas pendidikan yg menunjang? Mohon pemda karimun menanggapi hal ini, demi memajukan kota karimun tercinta. Makaci..

  23. Ow ya.. Makasi bwt blog ini yg udah memuat tentang profile karimun.. Salam kenal..

  24. sy udah 6kali pulang pergi ke tnjung balia karimun dn sllu naik kapal.
    dlu pda thu 1996 perjalanan tiada hambatan msuk ke daerah tnjung balai karimun
    tp i sjk thun2003 yng jdi g brgitu berkenan stlah kita turun dri kapal besar turun di pelabuhan aj di pintu masuk dimintai ktp dn tp ditahan.dn bila mau a
    mbil diminta duit rp15000 dn pda thun 2008 sudah naik lagi rp30000

  25. Duh tqu berat neh dapatkan blog ini. Aq Agus Ronald alumni sman tg. balai karimun angkatan 1980 dah hampir 30 taun neh ninggalin pulau penuh kenangan ini. Aq rindu berat buat bisa kontek konco lawaskku ada : agus mupisnyo, elvia rizana, demson saragih, alvian harahap, rita, ismet, dll. Kalo ada yang pas baca make a letter for me ya n send to my email :mangunsong3@gmail.com or mampir ke blogku : http://agus-ronald.blogspot.com.
    Ciiiaaaooooo salam buat all of U warga tg. balai karimun please note that i still love U all

  26. Uuups sorry aq angkatan 1979 SMAN tanjung balai karimum (bukan 1980 refeer to 1st comment). Dulu sih sma cuman ada satu dan sekarang aq blank tentang karimun sekarang. Oh ya buat adik-adik yang pingin nerusin kuliah di surabaya (ada ITS, Unair, Unesa) contak deh di emailqu (ada di last comment)
    Tqu and salam kangen buat citizen of tg. balai karimun

  27. ya,,,kalian semuanya benar tg bali karimun itu adalah pulau yg mantap,,,,,disinilah gue dilahirin …..oh KARIMUNNNNNNNN

  28. ya,,,kalian semuanya benar tg bali karimun itu adalah pulau yg mantap,,,,,disinilah gue dilahirin …..oh KARIMUNNNNNNNN….WALUPUN KARIMUN INI PULAU NYA KECIL,,TAPI TENANG AJA,,,SEBENTAR LAGI TAHUN 2010….BANYAK PT-PT YG AKAN DI BANGUN DI PULAU INI,,,DAN BANYAK JUGA INVESTOR2 YG DATANG KE PULAU INI UTK MEMBENTUK LAPANGAN PEKERJAAN…DAN SEBENTAR LAGI PULAU INI AKAN MAJU,,,WOWOWOWOOOWOW…DATANGLAH KEMARI BIAR RAAAME

    • dian_agi Says:

      boleh tuh infonya ya klo PT udah banyak yg buka< sebelumnya salam kenal dulu, saya dian dulu pernah tinggal di kapling dekat OZON)skrg di jakarta mengadu nasib nabung uang biar bs ke balai lg,,,,,

  29. asalam….
    alahamdulilah,,,kab.karimun sudah sedikit lebih terlihat benar-benar mempesona.
    semoga kelak kedepan nya juga akan semakin baik seperti yang diharap-harapkan oleh masyarakat sekitar,,,amin
    tingkatkan pendidikan dikab.karimun
    pedulikan generasi penerus dikab karimun dengan upaya membantu semaksimal mungkin dalam bid.kependidikan.
    jangan abaikan generasi generasi muda………..
    lanjutkan tuk mengarah kedalam perubahan – perubahan

  30. asalam….
    alahamdulilah,,,kab.karimun sudah sedikit lebih terlihat benar-benar mempesona.
    semoga kelak kedepan nya juga akan semakin baik seperti yang diharap-harapkan oleh masyarakat sekitar,,,amin
    tingkatkan pendidikan dikab.karimun
    pedulikan generasi penerus dikab karimun dengan upaya membantu semaksimal mungkin dalam bid.kependidikan.
    jangan abaikan generasi generasi muda………..
    lanjutkan tuk mengarah kedalam perubahan – perubahan selagi itu tidak membawa kerugian bagi pihak berwenang dan masyarakatnya.

  31. Selain sarana hiburan dan pariwisata, karimun juga memiliki potensi sumber daya alam salah satunya batu granit. Tapi sangat di sayangkan bahwa sumber daya alam ini sudah di monopoli oleh pihak asing.
    Seandainya saja tidak dimiliki oleh pihak asing tentu Karimun sudah maju dari yang sekarang dan pastinya tidak kalah dari pulau2x yang lain
    Btw, alam kenal semua

  32. saya ingin pergi melancong ke tanjung balai, tapi x tau nak pergi ke sana ada yang bisa bantu saya x dong???????plz

  33. karimun, kau selalu dihati ku

  34. ester helena marbun Says:

    keren,,,,,,,,,,,,,,
    karimun jaya
    salam bt anak2 sma2 karimun

  35. salam kangen selalu utk saudara2ku di Karimun,
    gue dulu
    sekolah di SMP 02 kapling & SMA 01 kapling juga.Thn 1990/1991
    sekarang saya kerja di kalimantan selatan.pertambangan Batubara
    tepatnya Adaro site,di salah satu kontraktornya Adaro.kalo ada teman2 waktu SMP & SMA yang masih ingat dgn ARMI bolehlah ngebel/email ,
    oh ya dulu saya tinggal di Pedas PasirPanjang.
    Hp 081377931278. ok thanks .
    KARIMUN THE BEST ISLAND,maju terus.
    army.drillwater@yahoo.com

  36. saya mau pindah k karimun..mohon pencerahan’a..thx

  37. salam kangen untk tman”,saudraku d’TBK…….
    dulu aku juga skull dsna,tpatnya di SD 016 muhammadiyah,lubuk semut.
    tp,skrg aku udh pindah k JABAR.
    hmm…karimun mmg tmpat yg mnyenangkn,,tmpat dmna aku mnemukan arti persahabatan & kbersamaan.
    aku sllu mrindukn itu,,
    sdh lama aku tk ksna.
    bntuin aku ksna lgi dong???

  38. dian_agi Says:

    TBK memang ok,untuk beberapa hal,..dari segi pariwisata memang sudah memadai, namun demikian masih banyak yang harus di tingkatkan,antara lain peneranganlampu yang belum bisa dinikmati secara utuh dan menyeluruh,karena listrik di TBK masih di jatah alias di bagi penggunaannya, dan dapat dipastikan setiap hari pasti dapat giliran padam,sehingga masyarakat harus dibebani dengan penggunaan genset yg sangat mahal biayanya.dengan kata lain yg dapat menikmati penerangan adalah ada 1 di dekat RSUD,smg supply bensin tdk pernah terputus.
    jika kita melihat lebih jauh lagi, ada satu daerah bernama pelambung, daerah ini berddekatan dengan perbatasan negara tetangga, disana blum bs menikmati PLN, karena tiang listrikpun belum ada,akhirnya mereka bergotong royong menyediakan genset dan bensin secara bergantian, namun penerangan itupun hanya sanggup bertahan paling lama 3 jam,setelah itu anda dapat membayangkan bagaimana gelapnya daerah itu.smg ini bisa berakhir dan masyarakat dapat menikmati INDONESIA.
    namun demikian itu jg yg membuat saya ingin kembali ke TBK, disamping lingkungan yg aman,penuh hiburan malam,tp religius..

  39. ferdian Says:

    karimun mempunyai karisma tersendiri bagi yang pernah datang maupun singgah di karimun pasti tau perbedaan karimun dengan pulau-pulau yang lain nya…….
    sukses buat karimun….
    terus berjuang saling bangun membangun menciptakan tanah melayu selalu menjunjung tinggi nilai kesopanan…

  40. Just sharing … ajah…
    kebanyakan komen soal karimun yang indah2 ajah..
    coba deh liat ke daerah hinterland…
    baru bisa kelihatan fakta sesungguhnya tentang kondisi pembangunan “kabupaten” karimun.
    pelabuhan nyaris roboh, sekolah bocor, apuse (anak putus sekolah) yang meningkat akibat kurangnya akses pendidikan dan faktor ekonomi,
    kenapa harus karimun saja (yang berkembang)?
    kapan giliran hinterland?
    masyarakat akan tetap kelaparan dan akan tetap kurang pendidikan apabila pemdanya cenderung terfokus pada projek multiyears yang menghabiskan apbd ratusan milyar rupiah.
    jalan lingkar, stadion, pelabuhan yang notabene dibangun di pulau karimun tentunya cenderung lebih banyak dinikmati warga yang bermukim disana. lantas bangaimana dengan warga hinterland yang notabene nelayan kecil. Padahal apbd terus meningkat tahun ke tahun.
    kapan pelabuhan kami (yang nyaris roboh), sekolah kami (yang bocor), jalan kampung kami, penerangan rumah kami bisa seperti warga karimun yang selalu dapatkan prioritas pembangunan.
    kami juga ingin pasar malam, ingin taman bunga, ingin mesjid agung, ingin jalan poros, dst. But when…..? Ataukah mungkin pembangunan hanya untuk karimun ajah. Entahlah….

  41. Jadi ingat masa kecil di Karimun, dilahirkan dan besar di Karimun sampai selesai SMP Negeri 2, akhirnya lanjutkan SMA di Jakarta.
    Masih selalu ingat dengan makanan khas TBK, terutama bak kut teh…😀

  42. syarifudin Says:

    saya syarifuddin , sekarang menetap d Batam, saya alumni sd dan smp santu yusuf tahun 1983, dulu di balai menetap d teluk air. masih ingat pergi sekolah lewat keramat teluk air dpn komplek bc, bagi teman-teman yang sudah melanglang buana dan masih ingat dengan saya mhn emai k sayal

  43. yudi firmatia Says:

    bang een kami murid baru di sma 4 binaan angkatan 12 waktu malam keakraban bang datang tak

  44. yudi firmatia Says:

    senang sekali di sma 4 karimun……kami adalah ank pulau dari…tanjung batu selat beliah…………saya tinggal…..dekat…..dengan ……guruu……sma4binaan karimun di perumahan canggai tapi bukan didalamnya……….kepada para alumni….saya ucapkan selamt sukses,semoga tercapai cita2…..nya saya anak baru angkatan 12 kelas 10b…..

  45. Yus Riwayati Says:

    akhirnya aku temukan juga blog ini …….
    aku alumni SMA Tg Balai K angkatan 1973
    bp alm. Mudjiono adalah kepala sekolahku
    kalo ada teman yg masih ingat aku tlg hub aku di 085742410000 or Pin Bb 25672E19
    aku rindu sama kalian semua ……

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: