Sanga sanga – Kutai Kartanegara

Gapura Sanga

Sanga-Sanga merupakan sebuah kecamatan yang terletak di wilayah pesisir Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Kecamatan Sanga-Sanga memiliki luas wilayah mencapai 233,4 km2 yang dibagi dalam 5 kelurahan. Sementara jumlah penduduk kecamatan ini mencapai 11.855 jiwa di tahun 2005.

Kelurahan di Kecamatan Sanga-Sanga

  1. Jawa
  2. Pendingin
  3. Sanga-Sanga Dalam
  4. Sanga-Sanga Muara
  5. Sarijaya


Kecamatan ini merupakan salah satu wilayah penghasil minyak bumi yang sangat penting di Kalimantan Timur. Pertambangan minyak bumi milik Pertamina saat ini pengerjaannya di kuasakan kepada PT Medco Energy. Selain minyak bumi kecamatan ini juga banyak menghasilkan Batubara. Tercatat dua perusahaan besar pemegang konsesi pertambangan CV Gudang Hitam Pratama dan CV Mutiara Hitam Prima.

Di bidang pendidikan kecamatan ini dapat dibilang cukup memadai dari Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Tingkat Atas ada disini. Sarana olahraga di Sanga-sanga juga cukup lengkap, lapangan sepak bola, bola volley, tennis dan bola basket.

Masyarakat Sanga-sanga mempunyai lahan pekerjaan beraneka ragam, dari mulai nelayan, bertani dan tumbuhnya perusahaan-perusahaan pertambangan juga sebagian besar menarik tenaga kerja local.

16 Responses to “Sanga sanga – Kutai Kartanegara”

  1. yahhhhhhhhhhhhhhhhhhhh……gapura sangasanga adalah tempat yang tiap hari saya pulang kuliah dan PKL dari samarinda….itulah sangasanga..dari kacil sampai saya kuliah disamarinda sangasangalah yang manjdi teman bahkan sejarah hidup saya…saya tak akan pernah melupakan sangasanga yang slama ini banyk memberikan kehidupan , baik berupa hasil dari bahan tambangnya, gas alamnya…untuk itu setelah saya kuliah dan PKl disamarinda saya akan membangun sangasanga dengan berniat masuk dlam perusahaan PT.Medco Energi……….jayo untuk sangasanga…

  2. sanga sanga oh sanga sanga apa jadi nya nasib setelah pendatang mengobrak abrik tubuh mu

  3. victorchenko Says:

    I have been trying very hard to look for information about sanga-sanga. Fortunately, I found it in your blog. GOOD.

    Gracia Senior!

  4. Terima kasih masih ada org yg berfikiran untuk memajukan Sangasanga. Saya dukung dan syukuri itu. Saya juga tinggal di Sangasanga lahir dan besar di Sangasanga, byk anak Sangasanga yang lahir dan besar di sini tetapi stlh selesai pendidikan tingggi enggan untuk kembali. Sehingga yang ada Sangasanga byk diisi wajah-wajah baru yang ingin mengadu nasib dan mengais rezeki tanpa memperhatikan nasib kota ini kelak. Dan tak ketinggalan masalah-masalah sosial yang semakin parah yang memebahayakan nasib generasi muda kota ini. Apakah mungkin Sangasanga akan jadi kota mati untuk kedua kalinya setelah dulu hal yang sama pernah terjadi. Mati setelah isi perut buminya ludes….habis menguap ke angkasa raya..
    Marilah hal ini kita jadikan renungan dan perhatian bersama… karena saya bingung tidak ada yang peduli dengan semua ini. Yang dipikirkan hanya materi…… melulu..
    Uhhhh Cape deh..??!!???

  5. A Guntur Pandam Pandiono Says:

    sangasanga merupakan kota kecil atau smallvill bagi daerah tambang minyak dan batu bara tersebut,hal itu dapat menbuat kota kecil ini ke depannya bisa mengangkat kembali nama citra kota ini sebagai kota tambang minyak dan batu bara akibat naiknya harga BBM

  6. sanga-sanga…kota kecil yng dulu indah,bersahaja..yng sangat saya cintai..pnuh kenangan selama 10 tahun yng berkesan..tetapi sekarang ko jadi gitu???
    T_T

  7. kokoh aronk Says:

    banyak musisi muda di sangasanga yg butuh tempat latihan, tapi ga ada studio yg buka setiap hari, tolong majukan sangasanga,pembalap roadrace jg banyak,tolong di saring orang2nya untuk majukan indonesia,anak2 skaterboy jg ada banyak sekali, andai aja ada tempat untuk mereka latihan…
    anak sangasanga sangat berpotensi, namun tidak ada media yg mendukung prestasi mereka.

  8. halo kawan kawan sangasanga satu tanah satu daerah satu kampung satu tujuan dan satu harapan agar kampung sangasanga kita maju. bigitulah kampung kita yang katanya kaya akan minyak dan batubaranya yang berlimpah ruah, salahsatu penyumbang minyak terbesar dibumi kalimantan dan memiliki kualitas batubara berkalori tingkat”A”.masarakatnya hidup berkecukupan dan menyenangkan, yang buming saat ini di kampung kita adalah pertambangan batubara disangasanga, waaawu…..!!! matap kali…orang orang pada bekerja diperusahaan tambang batubara,bahkan semua lahan di sangasanga yang semula kebun kebun singkong, kebun pisang,kebun kelapa dengan sekejab disulap menjadi lokasi tambang batubara yang luas sejauh mata memandang, dari kelurahan muara sampai dengan kelurahan jawa terbentang tambang batubara yang nilainya bila diuangkan mencapai triliunan rupiah bahkan bisa $$dolar.
    TAPI……apayang terjadi sangasanga ya tigallah sangasanga habis tambang ya…ya…ya… tinggallah sangasanga…….
    kita tinggal ngerasain banjirnya aja……..kasian kita ya para masayarakat sangasanga dibodohi dengan para pemilik perusahaan,di iming imingi janji janji palsu….. Untuk PAK GUBENUR yang baru,PAK BUPATI,PAK CAMAT gimana pa nasib kita selanjutnya apakah tidak bisa wajah sangasanga kita ini berubah indah, maju, damai sejahtera seiring dengan hasilyang didapat. sedikit saja kami masyarakat sangasanga diperhatikan dalam bidang pasilitas pendidikan,kesejahtraan,birokrasi,jalan peng hubung,dan teknologi. kasihan kami kaulo alit(masarakat kecil) yang tidak menikmati hasilnya namun terkena ibasnya,semoga PAK Gubernur,PAK bupati,PAK camat membaca keluh kesah masyarakat sangasanga yang masih terbelakang,dan untuk kawan kawan sangasanga ayo kita satukan suara majukan kampung kita……hidup sangasanga

  9. wahhhh…………….

    jadi kangen sangsang…..

    banyak fren dsana… jd kangen ma brother n my band….

    masih ad ga ya mereka…

    maju terus sangasanga

    basmi maksiat yang ada

  10. putra IT polnes Says:

    majukan sangasanga,,
    jangan mau kalah dengan kota lain,,seperti tenggarong,,,
    padahal kan SDA nya kebanyakan dari sangasanga tuh…..,,
    ko jadi sangasanga yang terlantar,,,
    apa korupsi nya yang menjadi-jadi….,,
    waduh ga bisa di biarin nih,,,
    makanya anak-anak muda sangasanga harus aktif donk…,,
    jangan diam,,
    mentang-mentang uda dapat kerjaan di tambang langsung manggut2 aja klo di suruh,,
    pikirin gimana caranya setelah tambang habis,,penghijauan di sangasanga berseri lagi,,,
    okeh,,,,,,,,,,
    maju trus sangasanga……..,,

  11. onthel99club Says:

    Salam,
    kami onthelis sangasanga ( Onthel99club ) berusaha untuk mengembalikan sangasanga sebagai kota yang indah seperti dulu.
    Dimana banyak masyarakatnya masih akrab menggunakan sepeda sehingga polusi udara tidak parah, kami juga mengadakan program penanaman bibit pohon untuk mengembalikan sangasanga menjadi hijau kembali.
    Memang apa yang kami lakukan masih kecil…tetapi kami sadar jika tidak berbuat siapa lagi yang mau peduli dengan kerusakan alam di sangasanga.
    Untuk itu kami mohon dukungannya dari teman – teman untuk mewujudkan kemajuan sangasanga di bidang lingkungan hidup…

  12. Ucing Ala Says:

    Sangasanga dulu sangat dikenal sebagai “Kota Wisata Juang”, tapi sekarang harusnya slogan itu diganti jadi “Kota Wisata Tambang”, ucing ala dapatnya, Halim…Halim… Kdada urusan ikam tu…

  13. halo…… q jg senang di sangasanga tapi ku skarang da di teluk dalam mine site, dekat pelabuhan sungai tengkorak, sungai penuh ikan lho……. tahu g?????

  14. kai gila Says:

    salam…

    lam sudah ku meninggal kan kota kelahiran ku…dari kecilll ku lihattt…pepohonan yang asri,,,,jalan yang tak berdebu…..

    tapi knpa sekarang menjadiii…rusakkk…kemana keindahan ya duluuu…tolong jaga an rawat lah…..

  15. Ilham Subekti Says:

    Saya pendatang dan seorang pekerja…bisa saya bayangkan kota ini akan memiliki lubang2 dalam eks tambang yang tidak mungkin ditutup kembali,yang tersisa hanyalah kegersangan akibat kegiatan ugal2an para pemburu materi dunia…
    Sebenarnya kegiatan2 itu adalah sistematik protocolat of zionism para bangsa penjajah yang mengeruk kekayaan bangsa ini…

  16. wah..sekarang sangasanga bagaimana kabarnya ya??
    lebih indahkah dari yang dulu??
    lebih amankah tinggal dsna??
    bagaimanapun, generasi muda mempunyai peranan pntg dalam ketenangan kota…tak ada anarkis, tak ada tindak asusila, dan tak ada kota yang tak hijau di sangasanga..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: