Seat Belt

Males banget ngga sih pake seat belt…….Gimana mau menikmati perjalanan..? Badan jadi susah bergerak, weh…bikin gerah…Apalagi sekarang Pak Polisi jeli banget liat mobil-mobil yang penumpangnya ngga pake seat belt. Salah-salah atau lupa langsung…..priiiiit….tilang atau nego ?

Sebenarnya berapa sih sanksi kalo kita ngga pake seat belt ?

Menurut UU 14/92 tentang Undang-undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Pasal 61 apabila saat kita mengendarai mobil, ngga pake seat belt bisa dipidana paling lama 1 bulan atau denda maksimal Rp 1 juta. Untuk penumpang yang duduk di samping pengemudi sanksinya juga sama dengan pengemudi yang melanggar.

Tapi apakah jika di tilang atau syukur-syukur bisa nego atau penyelesaian di tempat selesai begitu aja ? Sisi Positif dari pemberlakuan Undang-undang ini sebenarnya adalah perlindungan masyarakat. Bukan besar sanksi yang akan di berikan bagi pelanggaran ini namun keselamatan diri pengemudi dan penumpang yang lebih penting.

Jadi pilih mana, kena denda 1 juta atau jiwa selamat ….?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: